Istilah Dalam IT

Disini saya akan sedikit memberi pengertian mengenai hal-hal yang mungkin telah kita dengar dalam hal Teknologi.

  1. GPS

Memiliki kepanjangan Global Positioning System,dimana dengan mengunakan teknologi ini kita dapat mengetahui lokasi yang akan kita tuju.Teknologi ini memanfaatkan atau bekerja dengan berdasarkan oleh sinyal satelit yang menghasilkan  informasi yaitu berupa koordinat,latitude dan lokasi dalam peta.Disini untuk dapat menjalankan proses GPS,dibutuhkan 3 komponen yaitu satelit,receiver GPS dan posisi yang baik.

 

  1. EVDO

Atau Evolution Data Optimized adalah sebuah teknologi layanan 3,5 G yang berjalan pada jaringan CDMA.Saat ini teknologi ini sudah banyak diterapkan pada modem.

 

  1. TouchScreen

Teknologi ini nampaknya saat ini sedang naik daun,dimana untuk suatu perangkat antara lain pc dan ponsel nampaknya mulai diterapkan.Dengan teknologi ini memungkinkan adanya menghilangkan keypad fisik menjadi virtual keypad.Sehingga suatu piranti lebih terlihat simple.Tidak hanya itu dengan teknologi ini kita akan dimanjakan yaitu dengan cara menyentuh layar dari perangkat tersebut.

 

  1. QWERTY

Merupakan media input yang sebagian besar digunakan dalam keypad computer,disebut qwerty sendiri karena letak huruf-huruf pada computer.

 

  1. DLNA

Singkatan dari Digital Living Network Alliance,merupakan teknologi dimana koneksi antar perangkat dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan WLAN.Dengan teknologi ini piranti dapat bertukar informasi.

 

  1. Wifi (Wireless Fidelity)

Merupakan merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya

 

  1. POP3

Merupakan standard protocol yang digunakan untuk mengambil email dari server email.Teknologi ini berfungsi sebagai incoming server.

 

  1. HSDPA (

HSDPA merupakan evolusi dari standar WCDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran W-CDMa yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran W-CDMA yang ada sekarang. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telepon genggam.

 

  1. HSUPA((High Speed Uplink Packet Access)

Sebenarnya teknologi ini adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi HSDPA,sehingga dengan teknologi HSUPA akan lebih cepat dari pada HSDPA dalam kecepatan transfer data.

 

 

 


  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: