Mengenal Web

Kita mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata “website”.Bagi yang suka berselancar di dunia maya,tentunya website demi website sudah di kunjungi.Mungkin juga untuk sebagian orang belum mengerti apa yang dimaksud dengan website itu.Disini,mungkin saya dapat sedikit meberikan penjelasan mengenai apa itu website.

Website adalah suatu halaman yang berisikan informasi informasi yang dapat digunakan untuk antara lain pemasaran suatu produk atau jasa,informasi suatu instansi dll yang mana website ini ada atau tersedia di dalam jaringan internet atu dapat juga diartikan sebuah database yang di gunakan dalam jaringan yang mana dalam pelaksanaan pengambilan informasinya menggunakan sebuah arsitektur.

Dengan menggunakan web,kita dapat melakukan banyak hal tentunya yang positif-positif.Website sendiri dapat kita buat sendiri dengan menggunkan PHP atau kita dapat register ke provider website yang saat ini sudah banyak tersedia yang antara lain blogger,wordpress dan masih banyak yang lainnya.

Web sekarang ini berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:

  1. Antarmuka yang konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
  2. Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
  3. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai  jenis dokumen dan protokol.

Perkembangan selanjutnya dari konsep Berners-Lee ini melahirkan Mosaic, sebuah web browser grafis yang pertama. Web memiliki banyak kemungkinan hubungan antar dokumen tanpa awal dan akhir.

Dokumen web harus ditulis dalam suatu format khusus yang memungkinkan  hypertext saling terjalin untuk bekerja. Format ini adalah Hypertext Markup Language (HTML). HTML merupakan bagian dari Stpenggunard Generalized Markup  Language (SGML). SGML merupakan stpenggunar dari International Stpenggunard Organization (ISO), untuk mendefinisikan format pada dokumen teks.

Sebagian data diperoleh dari : sejarah-web n google

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: