Dampak Positif dan Negatif perkembangan media

Belakangan ini,perkembangan media khususnya yang melalui dunia maya berkembang dengan pesatnya,hingga seakan jarak dan waktu sudah tidak menjadi kendala lagi.Tentunya dengan perkembangan itu memiliki manfaat dan kerugiannya masing-masing.Bicara mengenai kelebihan dan kelemahan,seiring berkembangnya zaman tampaknya akan meminimalkan kerugian yang dihasilkan sehingga nantinya media yang digunakan tersebut lebih banyak memiliki manfaat bagi orang banyak.Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut secara tidak langsung membuat mainset seseorang bisa berubah.Banyak yang dapat kita jumpai mengenai perkembangan media tersebut di internet,contohnya saja ada suatu toko yang menawarkan produk-produknya melalui internet atau took online,nah dari situ seumpama berminat ingin membeli barang yang dijual,kita tidak perlu datang langsung ke toko tersebut,kita tingga buka alamatnya diinternet dan bisa melakukan transaksi dan sebagainya.Itu hanya salah satu perkembangan media yang sudah banyak kita jumpai di internet.Tidak hanya itu saja,munculnya jejaring social facebook,twitter,myspace dan lain-lain yang kini sudah semakin akrab dengan kehidupan seseorang dapat juga memberikan manfaat dan kerugiannya sendiri.Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita dapat dan beberapa kerugian yang mungkin dapat kita jadikan pelajaran.

Dampak Positif:

  • Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  • Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  • Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
  • Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
  • Kita dapat mengetahui hal-hal yang sebelumnya kita ketahui dengan cara searcing di internet.
  • Sebagai tempat informasi edukasi,kebudayaan dan masih banyak yang lainnya.

Dampak Negatif

  • Dari segi personal,seseorang yang sudah sering menggunakan jejaring social yang ada cenderung tingkat sosialisasi terhadap orang disekitarnya akan berkurang.
  • Tidak semua content yang berada di internet dapat kita katakan benar,ada banyak juga content yang berisi penipuan,sehingga kita sebagai pengguna harus benar-benar pandai menggunakannya.
  • Pornografi nampaknya sudah tidak asing lagi,dapat dengan mudah kita temui di internet.Ini bisa menjadikan kecanduan dengan hal yang disuguhkan didalamnya.
  • Perjudian juga mengincar internet sebagai media yang pas untuk menjadi tempat berjudi.
  • Pencurian,dengan media ini pencurian dapat dilakukan,misalnya membobol suatu rekening.

Dari beberapa dampak yang tercantum diatas,semoga dapat menjadi pelajaran untuk kita karena semua itu kembali kepada individu yang menggunakan media tersebut.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: