Virtual Memory Low

Pada postingan kali ini saya akan curhat mengenai yang saya alami dengan laptop yang saya gunakan.Sebenarnya laptop yang saya gunakan itu baru saja instal ulang,kita pasti tahu kalau kalau laptop habis diinstal ulang pastilah kinerja laptop akan menjadi ringan kembali.Kronologinya begini,setelah saya instal ulang tuh laptop,saya instal browser kemudian serching,nah pada saat searching itu tiba-tiba di task bar muncul peringatan bahwa “Virtual Memory Low”.Nah,dari situ saya heran kok bisa gitu? ,awalnya notifikasi itu saya hiraukan,tapi selalu saja muncul.Saking penasaranya saya tanya deh sama mbah gugel yang kabarnya tahu segalanya..hehehe bagaimana cara engatasi virtual memory low.Seperti biasanya,mbah gugel menyajikan berbagai jawaban baik itu thred maupun info dari blog-blog orang yang udah master.Sebelum kita masuk ke pokok permasalahan,kita harus tahu apa yang dimaksud dengan Virtual memory.

Jadi Virtual Memori adalah sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari Memori Sekunder yaitu Harddisk seolah-olah ia menggunakannya sebagai memori internal/utama (RAM) fisik yang terpasang di dalam sebuah sistem komputer. Sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan page file

Virtual memory yang dimaksud adalah RAM (Random Acces Memory) dimana RAM ini berfungsi untuk menampung sementara data-data yang akan diproses di processor dan juga menampung sementara data-data yang telah di proses, dengan kata lain RAM adalah jembatan penghubung antara processor dengan hardisk.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai Virtual memory yang saya dapatkan dari blog-blog tetangga.Lantas bagaimana cara mengatasinya? sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yang diantaranya :

1.Dengan menghapus registry

Langkah-langkahnya :

Klik Start>>klik cmd>>klik preferch>>kita masuk ke folder,kemudian hapus semua file didalamnya.

2.Dengan cara defrag
– Defrag PC (Caranya : Start >> Programs >> Accessories >> System Tools > Disk Defragment) ;

3.Dengan delete semua yang di recycle bin

4.Dengan memperbesar virtual memory (disini saya menggunakan Xp sp3)

  1. click tombil start.
  2. Pilih / masuk ke control panel.
  3. Click pilihan System.
  4. Maka muncul window “System properties”. Dan pilih tab Advanced
  5. click tombol Setting pada frame Performance.
  6. Maka  muncul window “Performance Option”. Dan pilih tab Advanced
  7. kemudian click tombol Change pada  frame Virtual Memory
  8. disana akan muncul nilai atau besarnya memoru default,kita dapat merubahnya dari nilai defaultnya menjadi 2 kali lipat untuk keduanya.
  9. kemudian klik set,ok
  10. restart komputer.

5.Atau dengan menggunakan aplikasi pembersih registry yang banyak beredar.

Sekian,semoga bermanfaat…:-)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

