Web Browser

Assalamuallaikum wr.wb

Internet,saeakan sudah menjadi gaya hidup dikalangan masyarakat saat ini.Teknologi yang pada tahun 1990-an belum begitu berarti namu memasuki tahun 2000-an telah berkembang secara pesat.Banyak yang kita dapatkan dari internet itu sendiri,bahkan hampir semua mengenai inormasi dapat ditampilkan atau disuguhkan dengan internet.Untuk kita dapat terkoneksi dengan ionternet,salah satu yang kita butuhkan adalah web browser.Mungkin bagi yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan web browser terebut,mari kita belajar bersama apa yang dimaksud dengan web browser.

eb browser adalah program untuk menampilkan halaman yang berbentuk kode HTML. Semua halaman web ditulis dengan bahasa HTML ( Hypertext Mark Up Language). Walaupun beberapa file mempunyai ekstensi yang berbeda (contoh .html, .php, .php3), output file-file tersebut tetap HTML. HTML adalah medium yang selalu dikirimkan ke web browser baik halaman itu berupa halaman statis, sebuah script (seperti PHP), ataupun yang dibuat oleh program CGI (Common Gateway Interface).
HTML adalah bukan bahasa bit level seperti C++ atau Pascal, tapi hanya sebagai bahasa mark-up untuk menjelaskan suatu dokumen. HTML adalah versi yang sederhana dari SGML (Standardized Generalized Markup Language), yaitu bahasa untuk pertukaran data. Kode HTML ditulis dengan mode ASCII. Format ASCII sering disebut teks, yang bisa dibuat dengan perangkat lunak pengolah kata biasa. Hal ini cukup menguntungkan karena bisa dibaca dan ditulis oleh berbagai platform seperti IBM, Mac, Unix.

Nah,saat ini telah banyak aplikasi web browser yang beredar.Tapi pada umumnya setiap OS yang kita gunakan telah memiliki web browser.Diabawah ini adalah berbagai jenis web browser

1.Internet Explorer


Windows Internet Explorer
 (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah penjelajah web danperangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.

Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi penjelajah web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7Windows Vista, dan Windows Server 2008.

2.Mozzila Firefox


Mozilla Firefox
 (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dariForbes dan Wall Street Journal[6][7] Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratissumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. [8]

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama denganclient e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browserlainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan marginyang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser[9]

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. [10] Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan. [11]

Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. [12]

3.Safari

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.

4.Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet sepertipenjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo,Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft WindowsMac OS XSolarisFreeBSD dan Linux.

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh penjelajah web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar browser komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakanMaemoBlackBerry, Symbian, Windows MobileAndroid, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME.[1][2][3] Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya.[4] Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.[5][6]

5.Google Chrome

Google Chrome yang dirilis beberapa hari lalu, dalam rangka ambisinya untuk menjadi pesaing Microsoft, dengan browsernya Internet Explorer. Namun, sepertinya masih ada beberapa kelemahan dari Chrome. Hal mendasar yang dilakukan oleh Google adalah menggunakan JavaScript sebagai focus dari pembuatan script code Chrome.

Penggunaan JavaScript sebenarnya justru dapat memakan power processor computer lebih banyak dan jika kemudian dibawa ke website atau dibuat secara online maka, dapat memperlambat loading browser. Padahal, salah satu janji yang ditawarkan Google Chrome adalah jika salah satu dari menu atau tab dari browser crash atau bermsalah, maka hal tersebut tidak akan mengganggu atau memperlambat loading keseluruhan browser.

Chrome juga memiliki beberapa penampilan yang berbeda dari Internet Explorer dan Firefox, seperti penempatan tab di posisi teratas jendela browser. Perbedaan yang dibuat oleh Google sebenarnya bagus, hanya saja ketika user membuka 40 hingga 50 tab dalam satu browser, maka loading browser Chrome tampak melambat dan membuat aplikasi lain di computer juga menjadi lambat. Hal inilah yang mungkin telah dilupakan Google mengenai dampak JavaScript.

Kelemahan Google Chrome lainnya, seperti memperbolehkan situs untuk menjalankan Flash sehingga menghabiskan resources di computer. Hal ini menjadi lebih serius dibandingkan Firefox, karena tidak seperti Firefox, Chrome tidak menyediakan program add-on kecil untuk mencegah jalannya Flash. Selain itu, menu control Chrome masih terlihat membosankan, atau memang mungkin karena masih dalam versi beta.

Itulah Beberapa web browser yang saat ini banyak digunakan.Sebenarnya masih banyak web broswser yang ada,tapi kebanyakan mereka menggunakan yang tertampil diatas.Sekian semoga bermanfaat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: