Touch Screen (Layar Sentuh)

Sebagian dari kita mungkin telah tidak asing lagi mengenai layarsentuh atau touchscreen atau touch panels, atau touch monitor apalagi di zamansekarang yang mana perkembangan teknologi sangat cepat berkembang. Mungkin kebanyakan dari kita pada awalnya mengenal istilah touchscreen tersebut dari televisi.Saat ini, kita dapat denganmudah menemukan suatu alat yang mengadopsi layarsentuh ini,misalkan saja yang banyak beredar saat ini handphone yang menyematkan teknologi canggih ini. Rasanya kurang afdol jika kita hanya dapat mendengar kata tersebut tanpa kita mengerti lebih lanjut apa yang dimaksud dengan touchscreen tersebut dan bagaimana teknologi tersebut dapat bekerja. Touchscreen merupakan sebuah perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat komputer. Dalam touchscreen ini kita sebagai user langsung dapat memberikan inputan dengan cara menyentuh layarnya.Pada era era kemarin sebelum ada touchscreen kitas ebagai user kebanyakan memberikan inputan pada keypad yang kemudian akan diteruskan oleh program.Selanjutnya mari kita mengetahui bagaimana cara kerja dari touchscreen ini sendiri.
Cara Kerja Touchscreen
Pada umumnya,layar touchscreen terbagi dari 3 bagian atau komponen utama.Ketiga Komponen itu adalah
1. Touch Sensor
2. Controller
3. Software driver
Touch Sensor
Touch sensor merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor.
Input dari touchscreen adalah sebuah sentuhan, maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh.
Controller
Controller merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara sensor dengan perangkat komputer yang akan memproses sentuhan tersebut.

Software driver

Software driver merupakan sebuah software pengatur yang diinstal pada perangkat computer atau PC Anda yang tugasnya adalah untuk mengatur agar perangkat touchscreen dan computer dapat bekerja sama untuk digunakan dalam berbagai macam keperluan.

Keterangan:
1. Touch sensor
2. Controller
3. Software driver
Selanjutnya touchscreen inisendiriada 3 macamyaitu
>>>Capasitive Touchscreen
>>> Surface Wave Touchscreen
>>> Resistive Touchscreen
Capasitive Touchscreen
Touchscreen jenis ini memiliki cara kerja yang cukup rumit, namun sangat andal dalam ketahanan dan kejernihannya.

Surface Wave Touchscreen
Teknologi touchscreen yang satu ini memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi kejadian di permukaanlayarnya. Di dalam monitor touchscreen initerdapatduatranduser, pengirimdanpenerimasinyalultrasonik.

Resistive Touchscreen
Touchscreen yang termasuk dalam jenis ini adalah touchscreen yang layarnya dilapisi oleh sebuah lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik.
Disampingkecanggihan yang digunakandalamteknologi touchscreen ini,tentunyasetiapteknologimasihmempunyaikelemahan.Touchscreeninisendirimemilikikelemahantidaktahanterhadapair,debudll.Disampingitudalammenggunakan touchscreen inisendirilebihbanyakmemakandayalistrik yang akanmembuatpiranti yang kitagunakanlebihmembutuhkandaya.KitabandingkansajamisalnyaHandphone yang tidakmenggunakan touchscreen dengan yang tidak,kebanyakanhandphone yang menggunakan touchscreen relative lebihborosbateraiketimbang yang tidakmenggunakan.Tetapikitatidakperlucemas,karenakemajuanteknologi yang terusberkembangpiranti yang menggunakan touchscreen akandirancangsedemikianrupa agar tidakborosdaya yang digunakan.Saatinibanyakjuga yang telahmenggunakan touchscreen antara lain handphone,computer,mesinATM,danmasihbanyak yang lainnya.

Keterangan
Sebagian data yang tersaji di atas bersumber dari
TouchScreen (LayarSentuh)Dargombez.htm

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: