“GAME THEORY”

Kebanyakan dari kita tentulah sudah tidak asing lagi dengan game yang ada di dalam perangkat elektronik.Dari sejak kecil kita sudah diperkenalkan dengan berbagai macam game,mulai dari game klasik hingga game yang saat ini telah berkembang dengan pesatnya. Game sendiri memiliki banyak manfaat bagi usernya jika kita dapat menggunakan atau memainkan game tersebut sebagai mana mestinya.
Mungkin bagi kebanyakn orang bermain game hanyalah sekedar bermain game,tetapi tidak untuk orang yang ingin tahu bagaimana game tersebut dapat melakukan perintah-perintah yang kita instruksikan serta bagaimana cari membuat game itu sendiri.Disini kita akan membahas mengenai hal yang paling dasar mengenai teori dalam game itu sendiri.Di dalam suatu aplikasi khusunya game pastilah mempunyai landasan mengapa aplikasi itu diciptakan dan bagaimana teori-teori yang mendasarinya.
Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi :

“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
( J. Von Neumann and O. Morgenstern, Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953)). [2]

Banyak dari kita mengetahui kata game,tapi apakah semua dari kita mengetahui apa sih maksud atau pengertian dari game itu sendiri ?

Berikut ini beberapa pengertian game menurut salah satu pakarnya

Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.

Teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam
situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan
sebagai pesaing. Dalam permaian peserta adalah pesaing. Keuntungan bagi yang satu
merupakan kerugian bagi yang lain. Model-model permainan dapat dibedakan
berdasarkan jumlah pemain, jumlah keuntungan atau kerugian, dan jumlah startegi yang
digunakan dalam permainan. Bila jumlah pemain ada dua, permainan disebut sebagai
permainan dua pemain. Bila keuntungan atau kerugian sama dengan nol, disebut
permainan jumlah nol.

Jadi ada baiknya kita tidak hanya tau mengenai cara bermain suatu game tetapi alangkah lebih baik jikalau kita mengenai dasar dari game itu sendiri.

sebagian sumber : wikipedia

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: