Bisnis

Kita sering mendengar istilah “Bisnis” dalam kehidupan sehari-hari,tetapi apa yang di maksud dengan bisnis itu sendiri mungkin belum semua orang mengetahui mengenai apa yang di maksud dalam bisnis ini. Oke ada beberapa yang mengetahui walaupun hanya sedikit mengenai definsi dari bisnis itu sendiri. Bisnis = dagang ? , pengertian tersebut memang benar dalam secara luas yang sekakan mudah di pahami oleh kebanyakan orang, atau seperti apa bisnis itu sebenarnya. Banyak dapat di temui mengeai beberapa pengertian yang berkaitan dengan istilah bisnis itu sendiri, tetapi disini saya akan mengutipnya atau mengambil pengertian itu dari satu sumber. Bila di telaah,kata bisnis sendiri menurut kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai usaha dagang. Ada juga yang berpendapat bahwa bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat. ( Rusydah Ghasim, 1). Sedikit mengenai penjelasan bisnis dalam arti luas dan menurut pakar. Dalam berbisnis hendaknya seseorang memiliki strategi yang jitu guna mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga akan mampu bersaing dalam memperebutkan pangsa pasar yang ada.

Bisnis sendiri memiliki cangkupan yang luas , di setiap berbagai bidang kehidupan memiliki nilai bisnisnya masing-masing. Bila bisnis tersebut diartikan sebagai dagang, maka agama pun memberikan penerangan bahwa 9 dari 10 pintu rejeki berasal dari dagang atau bisnis. Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Bisnis dalam bidang TI (Teknologi Informasi ). Dahulu sebelum teknologi informasi khususnya yang saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat yaitu internet dan telepon, orang melakukan bisnis masih secara tradisional. Tradisional yang dimaksud adalah masih harus melakukan bisnis atau dagangnya dengan cara face to face untuk menawarkan apa yang akan si pejual jual ke calon konsumennya. Seiring perkembangan jaman, cara tradisional tersebut tidak begitu saja hilang, tetapi semakin di mudahkan dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Kita tidak bisa pungkiri, kemajuan teknologi informasi khusunya internet telah membawa perkembangan dalam dunia bisnis tersebut semakin bergairah.

Teknologi informasi tanpa bisnis, teknologi itu tidak dapat dijalankan secara maksimal yang menghambat perkembangan jaman sedangkan bisnis tanpa teknologi informasi, bisnis tersebut akan mati karena persaingan yang begitu ketat. Oleh karena itu pengaruh teknologi informasi ini terhadap aktifitas dan perilaku organisasi sangat diperlukan . Dan hal ini tentunya dimaksudkan untuk mendukung penerapan sistem informasi agar dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan apa yang dibutuhkan oleh manajemen organisasi bisnis tersebut.

sumber : blogs.uajy.ac.id

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: