Dunia Usaha

Dunia usaha ? ya ! dunia usaha. Dunia dimana setiap orang akan menjalaninya. Mulai dari usaha micra hingga usaha makro. Sebenarnya, apa saja yang ada dalam dunia usaha ini ? mari kita belajar tentang macam-macam dunia usaha. Cekidot !!!
• Perusahaan Perseorangan atau Individu
Sesuai dari namanya, perusahaan atau usaha ini dilakukan secara individu.Dalam pelaksanaannya pun tidak perlu melalui tata cara tertentu. Usaha ini sebagaian besar di jalankan oleh pelaku yang bergerak di bidang mikro atau pengusaha-pengusaha kecil baik dalam modal awalnya maupun jangkupan usahanya. Contohnya : tukang bakso, tukang bubur, pedagang sayur dll.

• Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership
Merupakan perusahaan yang didirikan secara bersama-sama dalam keiatan bisnisnya atau istilahnya perusahaan gabungan atau merger. Dalam pelaksanaan pendiriannya harus memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh pemerintah. Contoh dari perusahaan ini anatar lain CV dan firma.
• CV ( Commanditaire Vennotschaap )
Badan usaha ini dibentuk dari 2 orang atau lebih yang mana setiap anggotanya memiliki keterlibatan yang berbeda-beda sesuai tingkatan dalam peruahaan. Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif. CV sendiri memerlukan modal yang besar sebagai modal dan dalam kegiatan operasional yang di lakukan, tetapi modal besar tersebut dapat didapatkan melelui pinjaman ke bank yang bersedia memberikan modal awal.
• Firma
suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Di dalam firma sendiri dalam proses perekrutan pegawai baru harus dengan persetujuan anggota lainnya dan setiap anggota yang menjadi founder firma berhak untuk membubarkan firma.
• Perseroan Terbatas/PT
Merupakan suatu badan usaha berbadan hokum resmi yang dimiliki minimal oleh 2 orang yang bertanggung jawab tanpa melibatkan harta pribadi. Pada badan usaha ini, pemilik modal utama tidak harus memeiliki jabatan sebagai pemimpin perusahaan,atau pemilik dari perusahaan berhak merekrut orang untuk dapata menjalankan perusahaan yang di milikinya.Untuk mendirikan suatu PT dibutuhkan modal yang besar sebagai persyaratan resmi mendirikan PT. Keuntungan yang di peroleh dibagian kepada pemilik modal dalam bentuk dividen.
Berikut ini syarat pembuatan izin legalitas usaha :
izin IMBB (baru):
1. Persyaratan :
2. Fotocopi sertifikat tanah atau surat bukti kepemilikan lain yang sah Untuk tanah milik pemerintah/Negara dan hak guna bangunan, apabila masa berlakunya tinggal kurang dari 1 (satu) tahun, maka harus diperpanjang dulu.
3. Untuk tanah milik kraton, margersari dan jagang, harus ada persetujuan dari pengha-geng wahono sarto kriyo (disertai gambar gambar situasi yang dikeluarkan oleh Kraton)
4. Untuk pemilik hak atas tanah yg tlh meninggal dan belum ada peralihan hak maka hrs ada surat keterangan waris Dan kerelaan/persetujuan ahli waris yg diket. Oleh RT, RW, Lurah dan Camat setempat.
5. Untuk tanah yang bukan milik pemohon izin, harus ada kerelaan dari pemilik tanah dg materai cukup
6. Fc. KTP pemohon
7. Advice planning / ket. Rencana
8. Gambar Situasi Bangunan (letak bang, akses jalan, taman dalam persil yang digunakan)
9. Denah Tampak Depan dan Samping, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Gambar Potongan, Gambar Instalasi dan sanitasi, Tanda tangan penanggung jawab gambar pada masing-masing gambar.
10. Perhitungan struktur meliputi : Perhitungan Plat, lantai, balok, kolom, tangga, pondasi, rangka atap
11. Hasil penyelidikan tanah. (Tes Tanah)
Catatan : Lama Proses ini 12 hari.
– Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil :
Persyaratan :
1. Foto copy KTP. Direktur /penanggung jawab perusahaan;
2. Foto copy Izin Gangguan;
3. Neraca;
4. Foto copy NPWP;
5. Foto copy Akta pendirian / perubahan, jika berbentuk badan hukum;
6. Foto copy Pengesahan badan hukum.
Catatan : Lama Proses ini 5 hari.
– Surat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Persyaratan :
1. Foto copy KTP. Pemilik/Direktur /penanggung jawab perusahaan;
2. Foto copy Izin Teknis;
3. Surat penunjukan pimpinan Cabang, jika Perusahaan cabang;
4. TDP Pusat,Jika perusahaan cabang;
5. Foto copy Akta pendirian / perubahan, jika berbentuk badan hukum;
6. Foto copy Izin Gangguan;
7. Foto copy NPWP;
8. Foto copy Pengesahan badan hukum/Keputusan Menkeh, jika berbentuk PT;
9. Materai.
Catatan : Lama Proses ini 5 hari.

Setelah kita mengetahui macam-macam badan usaha dan contoh dari regulasi untuk membentuk suatu badan usaha, maka kita akan membahas mengenai struktur dari sebuah badan usaha. Tentunya kita semua mengetahui atau akrab tentang panggilan dari suatu pihak yang berkuasa di suatu perusahaan dengan sebutan Boss. Apakah hanya Bos yang kita ketahui dari sebuah perusahaan ? Yuk mari kita telisik lebih jauh mengenai structural dari suatu perusahaan.


sumber bagan : blog detty hermawaty

Bagan diatas menunjukan dari structural dari suatu perusahaan, tentunya setiap bagian memiliki tugasnya sendiri-sendiri, untuk lebih jelasnya berikut tugas dari setiap bagian secara umum
• Komisaris atau pemilik perusahaan baik hak penuh maupun kepemilikan yang berbentuk saham
• Presiden Direktur bertugas sebagai komando dari semua prosedur dalam perusahaan
• Managing Directur bertugas sebagai pengatur atau yang mengatur jalannya suatu tugas perusahaan atau sebagai pembantu tugas dari presdir.
• Directur bertugas sebagai pengelola dari sumber daya di bawahnya
• Supervisor berfungsi sebagai pengawas suatu kegiatan dalam sebuah perusahaan
• Kepala bagian berfungsi sebagai pengelola beberapa anggota yang mengikutsrtakan pada berjalannya suatu kegiatan yang ada

Dalam suatu perusahaan tentunya membutuhkan pegawai, nah pegawai tersebut dapat menjadi anggota dari suatu perusahaan setelah melewati tahap recruitment. Sebenarnya apa sih yang d maksud dengan rekkruitment itu : here we go !!!
Menurut Henry Simamora (1997:212) Rekrutmen (Recruitment) adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.
Setiap pegawai yang di rekrut pastinya perusahaan mempunyai tujuan tersendiri berikut ulasannnya menurut Henry Simamora (1997:214) :
1. Untuk memikat sekumpulan besar pelamar kerja sehingga organisasi akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk melakukan pemilihan terhadap calon-calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi.
2. Tujuan pasca pengangkatan (post-hiring goals) adalah penghasilan karyawan-karyawan yang merupakan pelaksana-pelaksana yang baik dan akan tetap bersama dengan perusahaan sampai jangka waktu yang masuk akal.
3. Upaya-upaya perekrutan hendaknya mempunyai efek luberan (spillover effects) yakni citra umum organisasi haruslah menanjak, dan bahkan pelamar-pelamar yang gagal haruslah mempunyai kesan-kesan positif terhadap perusahaan.


Gaji, pasti inilah salah satu goal yang di harapkan setiap pegawai dari suatu perusahaan berikut ini system penggajaian menurut ahli
Berikut ini akan dibahas pengertian sistem akuntansi gaji dan upah menurut beberapa ahli. Neunar (1997:210) mengemukakan bahwa:
Sistem akuntansi gaji dan upah untuk kebanyakan perusahaan adalah suatu sistem dari prosedur dan catatan-catatan yang memberikan kemungkinan untuk menentukan dengan cepat dan tepat berapa jumlah pendapatan kotor setiap pegawai, berapa jumlah yang harus dikurangi dan pendapatan untuk berbagai pajak dan potongan lainnya dan berapa saldo yang harus diberikan kepada karyawan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: