Virus Komputer

imagesJika tadi kita telah membahas mengenai cybercrime, kali ini akan sedikit membahas mengenai salah satu dari tindakan cybercrime, yaitu virus. Tidak hanya di dunia nyata saja yang terdapat virus, di dunia mayapun virus telah menyebar. Mungkin kadang kita sebagai pengguna laptop misalnya kesal, tiba – tiba ada salah satu file yang biasanya memiliki ekstensi .doc berubah menjadi .dll. Itu bisa saja salah satu indikasi bahwa komputer yang kita gunakan telah terinfeksi oleh virus. Virus sendiri dibuat memiliki tujuan , yaitu mengganggu suatu sistem komputer, bahkan ada yang bisa merusak sistem itu sediri. Virus sendiri memiliki spesifikasi dan sifat sendiri-sendiri, tergantung dari tujuan si virus itu diciptakan.
Kemudian setelah kita mengetahui apa itu virus, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara si virus itu menginfeksi komputer kita.Cara penginfeksian virus komputer pun hampir serupa dengan virus di dunia nyata. Berikut beberapa cara penyebaran virus yang perlu di ketahui :
1. Cara yang paling umum yaitu melalui device yang digunakan untuk bertukar informasi, contohnya flashdisk, hardisk. Secara analogi, virus tersebut dapat menyebar dengan cara menumpang file yang ditukar. Sehingga dari komputer A, virus tersebut berpindah ke komputer B. Jika virus yang berpindah tadi mampu memperbanyak diri, tidak menutup kemungkinan semua file yang terdapat pada komputer B dapat terinfeksi.
2. Melalui email, biasanya sang pengirim email menyisipkan program jahat pada email yang jika email tersebut di buka, maka viruspun akan menyebar.
3. Melalui website, untuk metode yang satu ini banyak terjadi kasus pada internet. Website yang di susupi virus bisa bermacam – macam yang siap mengelabuhi si target. Contohnya saja virus autolike yang terdapat di jejaring sosial Facebook. Apabila kita menge-klik link yang di susupi virus, maka yang terkena virus tersebut melakukan auto like ke semua status teman dan menyebarkan status spam dan semuanya itu di set otomatis yang mana si target tidak mengetahui semua kegiatan tersebut.

Setelah mengetahui apa itu virus dan metode penyebarannya, tentunya kita dituntut mau tidak mau untuk mengetahui bagaimana cara menangkal dan mengatasinya. Secara umum ada beberapa cara yang dapat dilakukan diataranya mengaktifkan fungsi firewall pada PC, menginstal antivirus dan selalu mengupdate antivirus tersebut, ini dikarenakan tiap waktu virus bisa jadi di update sehingga tidak terdeteksi oleh antivirus dan tidak menutup kemungkinan akan ada jenis virus baru yang belum terdeteksi. Antiviruspun harus di update untuk mengimbanginya dan menambah database virus baru yang mungkin akan muncul. Dan yang terakhir kembali ke diri masing-masing dalam bersikap di dunia maya, pikirkan dulu sebelum bertidak, karena yang namanya kejahatan itu banyak memiliki kamuflase.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: