Penerapan cloud Computing pada Perusahaan

cloud-02-forbes

Setelah pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai apa itu cloud computing, sekarang pada artikel ini akan membahas mengenai penerapan cloud computing pada perusahan. Saat ini, perusahaan – perusahaan sudah mulai bermigrasi menggunakan layanan cloud computing. Migrasi IT dari tradisional ke sistem komputasi awan (cloud computing) merupakan hal yang dianggap perlu bila perusahaan ingin maju dan cepat berkembang. Pihak perusahaan dinilai harus jeli terlebih dahulu jika ingin menerapkan cloud computing ini mengenai dampak yang akan terjadi apabila teknologi tersebut diterapkan. Ada beberapa benefit yang dapat diterima oleh suatu perusahaan jika menerapkan cloud computing ini, antara lain :

1. mengurangi risiko
2. mempermudah infrastruktur
3. memangkas biaya pengeluaran IT
4. praktis

cloud computing merupakan integrasi dari berbagai aspek ke dalam satu kesatuan untuk mendongkrak produktivitas, di samping menekan cost atau biaya IT perusahaan. Solusi cloud memungkinkan perusahaan untuk tidak menanggung risiko. Misalnya, apabila teknisi IT berpindah tempat kerja, maka otomatis pemeliharaan terhadap aplikasi juga akan berpengaruh.
Penerapan cloud computing pada suatu perusahaan juga dinilai dapat meningkatkan efektifitas kerja karyawan, ini dikarenakan karyawan bisa saja tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan tugas tertentu, mereka dapat mengerjakan tugas tersebut dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat mereka sendiri, atau lebih dikenal dengan istilh BYOD (Bring Your Own Device). Ini merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan pada cloud computing, yaitu fleksibilitas.
Cloud computing juga meminimalkan risiko infrastruktur di mana kebutuhan datacenter perusahaan membengkak untuk menangani lonjakan beban kerja. Dengan desain cloud computing memungkinkan kelebihan beban kerja tersebut ke fasilitas cloud computing sehingga sumber daya tidak lagi langka, dan pengadaannya dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan mendesak perusahaan.

1. Lebih rendah biaya entry market
Kelebihan cloud computing dalam membantu mengurangi biaya untuk memasuki pasar baru (entry market) karena infrastruktur cloud computing disewa dan tidak dibeli maka biaya lebih dapat dikendalikan, bahkan penanaman modal di awal dapat menjadi nol. Dengan meminimalkan biaya yang muncul di awal, cloud compting dapat membantu untuk lebih mengurangi biaya dan usaha masuk ke pasar. Biaya rendah untuk masuk ke pasar baru ini membantu proses start-up perusahaan-perusahaan khususnya yang memiliki kemampuan permodalan yang kecil.
2. Peningkatan kecepatan inovasi
Cloud computing dapat membantu untuk meningkatkan laju inovasi yang diwujudkan melalui penggunaan perangkat lunak open source, seluruh industri open source mampu berfungsi untuk mempercepat laju peningkatan inovasi yang menggunakan cloud computing.

Referensi informasi di dapat dari : http://kominfo.pekalongankota.go.id dan IntroductIon to Cloud Computing ArChiteCture; SUN White Paper; 1st Edition, June 2009

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: